World Through my Words

Thursday, April 5, 2018

#TitasyaJapanTrip Rekomendasi Restoran yang Muslim Friendly di Jepang [Bagian Kedua]

Halo!

Setelah kemarin cerita tentang rekomendasi kuliner halal atau yang muslim Friendly di Tokyo, sekarang giliran Nikko. Apakah sulit? Ternyata tidak! Aku justru makan tiga kali sehari, menu internasional dan Japanese, semuanya enak-enak dan aman jaya. Terima kasih kepada dua hotel tempatku menginap di Nikko Area. Dua-duanya muslim friendly, bahkan di Nikko Chuzenji Kanaya Hotel disediakan matras yoga untuk sajadah ketika sholat dan kompas yang ditempel di mejanya.

Aku di Nikko selama 2,5 hari dan 2 malam. Kenapa setengah hari? Karena hari ketiga, pagi-pagi udah balik ke Tokyo hehe. Ada 6 kali makan selama di Nikko, akan kuceritakan di sini semua ya :)

Shizensaryo Meguri (Vegetarian Restaurant)

Hari kedua di Jepang, abis checkout hotel langsung naik kereta ke Nikko. Setelah sampai di Nikko Tobu Station, bisa titip barang sekalian sholat di sana. Loker dan prayer space ada di lantai dua stasiun. Alhamdulilah bisa 'bernapas' dulu sebelum mulai jalan-jalan. Titip aneka barang bawaan, absen dulu ke yang punya kehidupan lalu pilih jadwal bus hop on hop off yang cocok setelah itu. Oh iya jangan lupa, tiket bus buat explore Nikko Area bisa dibeli di Tobu Asakusa Station yah.



Objek wisata pertama yang dikunjungi adalah Nikkō Tōshō-gū Shrine, kuilnya agama Shinto. Gede banget, satu area ada beberapa bagian. Lalu ada naik-naik gitu dan bisa semacam hiking tipis-tipis karena berada di lereng gunung kalau tidak salah. Selesai tur di sana, langsung melipir buat makan siang.



Kali ini nyobain vegetarian restaurant. Pilihan paling gampil dan aman kalau mau cari makanan dan minuman muslim friendly. Menu makan siangnya tuh per-set jadi tidak perlu bingung pilih menu satu persatu. Pas datang, porsinya pas. Kebetulan aku terbiasa makan secukupnya.



Minumnya ada beberapa pilihan teh, siang itu kupilih honey tea, hangat manis dan segar! Dapat satu cangkir besar jadi bisa sekalian menemani obrolan setelah santap siang. Menu di vegetarian restaurant ini Japanese, lalu untuk menggantikan aneka ikan dan daging, ada semacam tofu yang dibuat sedemikian hangga, rasanya mirip dengan ikan. Sayurannya segar, nasinya gurih dan tentu saja favoritku hadir lagi: tempura! Hihi paling suka ubi goreng tempura. Ubi di sini rasanya gurih dan lembut.



Harge menu set vegetarian ini 1400-an yen termasuk minum. Lokasinya strategis, di pinggir jalan raya. Gampang dicari kok.

Nikko Chuzenji Kanaya Hotel

Untuk makan malam dan sarapan, aku ambil paket di hotel jadi semacam all inclusive gitu. Soalnya malas ribet dan lagipula, Nikko itu lebih kayak Uluwatu atau Nusa Dua kalau di Bali. Hotelnya didesain untuk memenuhi kebutuhan tamu dan juga tidak banyak semacam kafe atau restoran gitu di luar hotel.


Untuk makan malam, full set International yang pakai sendok dan garpu berderet-deret itu loh hehehe. Enak semua, dimulai dari Nikko yashiou trout marinade and Nikko Youba dilanjutkan dengan Mushroom Cream Soup lalu Sautee White Fish Onion and Celery Sauce kemudian masuk ke hidangan utama: Grill Lamb with Herbs and Bread Crumbs with Tomato Sauce plus seasonal salad. Penutupnya ada Dessert with Fruit. Oh iya semuanya halal yah.








Bagaimana dengan sarapan? Ada telur untuk dimasak sesuai pilihan lalu baby potato dan yogurt. Karena menu sarapan sebenarnya dengan bacon tapi karena tidak bisa dikonsumsi oleh Muslim jadi tidak pakai daging. Kamu bisa mengonfirmasinya kepada Waiters bahwa kamu tidak makan yang mengandung pork dan alcohol, nanti akan mereka sesuaikan.

Tobu World Square (Heian Restaurant)

Akhirnya bertemu dengan the most famous Japanese Food: UDON! Yeayyy udah penasaran banget seperti apa rasa Hot Udon di negeri asalnya? Ternyata di Tobu World Square ada dan halal. Alhamdulilah, ini salah satu yang kutunggu-tunggu. Ketika datang, porsinya semangkuk besar. Whoaaah, lengkap dengan bubuk cabai dan juga kuah yang melimpah. Ketika pertama mencoba kuahnya, langsung sumringah. Kuahnya bening dan gurih, udon-nya kenyal dan dimasak pas jadi tidak terlalu teras atau kematangan. Belum cukup? Masih ada tempura juga di dalam setnya. Makin bahagia deh.


Oh iya di sini ada beberapa pilihan menu. Terbagi menjadi dua yaitu hot meal dan cold meal. Sudah tau kan kalau soba dan udon memang bisa disajikan panas ataupun dingin? Untuk hot meal ada Yuba Soba Set dan Yuba Udon Set, harganya sama yaitu 1600yen per set.




Untuk cold menu variannya lebih banyak. Ada Yuba Soba Lunch Box, Yuba Udon Lunch Box harganya sama yaitu 1600yen per set. Untuk Tempura Soba dan Tempura Udon 1300yen per set dan Yuba Sashimi and Soba serta Yuba Sashimi and Udon 1200yen per setnya.

Nikko Kanaya Hotel

Untuk makan malam dan sarapan pagi, aku menikmati menu hotel aja. Oh iya pindah hotel soalnya besok paginya harus balik ke Tokyo dan cari yang lebih dekat ke stasiun kereta. Kalau kamu melihat jembatan merah yang iconic di Nikko, Nikko Kanaya Hotel terletak di atas bukitnya.



Menu makan malam, international menu juga. aku paling suka pumpkin and soymilk soupnya. Tasty dan tidak eneg, juara! Ditutup dengan assorted fruit, ketemu stroberi lagi, bahagia hehehe. Kalau ada kesempatan, aku bakalan balik ke Jepang lagi dan petik stroberi lagi. Rasa buahnya itu lho, manis dan seger, susu kental manis yang buat celupannya juga enakkkk #gagalmoveon








Bagaimana dengan sarapan? kurang lebih sama dengan sebelumnya tapi kali ini ada dagingnya yaitu chicken fillet dimasak light roasted gitu. Oh iya jika menginap di jaringan Nikko Kanaya Hotel di Nikko Area, jangan lupa mencicipi their famous and legendary bread. Dimakan sama apa aja cocok, bahkan cuma dicemil gitu aja udah oke. Jadi roti ini tuh disajikan juga pas makan malam, iseng-iseng kucelupin ke pumpkin soup tadi, dan cocok abis.






Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi saat liburan ke Jepang. Sudah banyak hotel, restoran dan kafe yang menyediakan menu halal atau muslim friendly. Yuk kapan ke Jepang?

0 komentar:

Post a Comment

© I'm Fireworks!, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena